Perlu Khawatir?

Nggak ada ide yang lebih baik hingga ide itu dieksekusi.

Oke lah, kalo kita punya ide bejibun banyaknya, tapi percuma kalo nggak pernah dikerjakan.

Bahkan ada orang yang khawatir idenya dicuri orang lain.

Photo by Nick Fewings

Photo by Nick Fewings on Unsplash


Padahal kekhawatirannya bisa benar, bisa juga salah. Ada kalanya ide yang diambil orang lain itu hanya perlu dicuekin aja.

Pernah ada pepatah yang bilang kalo di bawah sinar matahari itu nggak ada yang beneran orisinil. Walaupun kita nemu sebuah ide dan menganggap ide itu satu-satunya dan yang paling keren untuk dijalankan, tapi belum tentu di luar sana nggak ada yang sepemikiran dengan kita.

Kadang ide yang dikerjain duluan oleh orang lain itu nggak seperti harapan kita. Bisa lebih baik, bisa juga lebih buruk.

Ide itu memang orisinil dari kepala kita, bahkan alur permainannya pun ya ada di kepala kita. Meskipun orang lain bisa mengambilnya duluan, tapi yang beneran ada di kepala kita ya hanya kita yang tahu, kan?!

Ibarat gunung, orang lain hanya mengambil langkah duluan berdasarkan yang ia lihat semata. Permukaan gunungnya, bukan dasar gunungnya. Fondasi ide itu hanya kita yang miliki.

Walaupun orang lain ngerjain duluan ide yang terlintas di kepala kita, biarin aja. Kita kerjakan bagian kita. Sentuhannya pasti berbeda. Nggak perlu khawatir.

Jadi, tegakkan kepala. Bersikaplah baik-baik saja.

Wiradesa, 05 April 2023

MauMantenan.com Banner