Isi Kepala Orang

Seringkali saya penasaran dengan isi kepala orang. Bertanya-tanya mengapa orang melakukan tindakan A, B, C atau D.

Berkali-kali saya ketemu sama orang yang kalo belok keluar gang langsung jalan aja. Wus-wus aja gitu. Tanpa berhenti sejenak buat ngeliat lalu lintas dari kanan gang.

Kagum tingkat tinggi saya sama orang kayak begitu. Semacam nggak punya rasa takut. Wus-wus aja gitu.

Entah apa yang ada di dalam kepala si orang itu. Padahal kalo dilogikakan, kondisi di jalan itu di luar kendali kita. Orang bisa ngebut atau jalan pelan sesuka mereka. Termasuk dari sudut pandang si pengendara belok kiri tadi.

Si pengendara belok kiri tadi boleh aja beregois-ria keluar gang tanpa tengok ke kanan untuk ngecek ada-nggaknya kendaraan lain yang akan melintas di jalan yang sama dengannya. Kalimatnya panjang ya? Hehe.. Biarin!

Si pengendara belok kiri boleh aja melakukan sesuka hatinya, tapi pengendara lain yang akan melintasi gang juga akan melakukan hal serupa. Kalo pas apes, bisa aja si pengendara belok kiri akan terserempet atau tertabrak pengendara lain di luar gang yang udah terlanjur ngebut.

Apakah si pengendara belok kiri akan menyalahkan pengendara yang menabraknya?

Apakah mereka akan bertengkar mencari tahu siapa sebenarnya yang salah?

Entahlah…

Tapi dari segi posisi, kenapa si pengendara belok kiri itu nggak lebih berhati-hati aja. Kalo mau keluar gang, berhenti sejenak untuk mengecek lalu lintas. Kalo aman, lanjut belok, kalo pas ada kendaraan lain ya bersabar sejenak, barulah lanjut jalan.

Saya menulis hal ini bukan untuk mengubah pemikiran pengendara belok kiri tadi. Tapi buat pengingat saya, kalo lagi di jalan ada kemungkinan ketemu sama pengendara model begitu. Jadi, saya yang harus waspada. Saya perlu belajar mengalah dari pengalaman berkendara di jalan.

Karena percuma kalo saya mengharapkan orang bertipe pengendara belok kiri itu membaca tulisan ini. Saya pikir mereka nggak suka baca. Hahahahaa…

26 Dec 2022 01.07

MauMantenan.com Banner